cara mengkopi folder dalam DOS

Banyak orang meng-copy File dalam satu Folder menggunakan MS DOS hanya bisa dilakukan satu per-satu, walaupun cara ini tidak banyak diminati. Akan tetapi disisi lain cara ini sangat bermafaat bagi yang mengetahuinya….hehehehehe (terutama bagi para pecinta IT).
Jujur, pada awalnya saya juga belum mengetahui dengan masalah yang satu ini…hehehe, namanya juga proses belajar…betul g’?
Pasti pada g’ sabar y…gi mana caranya…?
Ok, kita mulai belajar step by step…..




1. Klik Start kemudian Run…
2. ketik d: apabila data yang ingin di copy berada dalam directory d: kemudian enter



3. kemudian ketik cd [nama folder], contoh cd DATA, untuk membuka folder dengan nama DATA. Lihat Gamabr dibawah ini.



4. ketik mkdir [nama folder baru] untuk membuat folder baru, contoh : mkdir Budi. Ini dilakukan apabila kita ingin meng-copy ke folder baru, apabila sudah ada folder yang kita tuju maka ini tidak berlaku, aliyas tidak usah membuat folder baru…..



5. Lanjut, nah ini inti dari permasalahnya (rumus meng-copy seluruh file dalam satu folder ke folder lain/baru). xcopy [Directory File yang ingin di copy] [Directory Tujuan].



Contoh : Saya ingin meng-copy seluruh file yang ada di Directory D: di dalam folder DATA ada sub folder dengan nama Yanur (yang akan di copy), maka rumusnya sbb:



Lihat penjelasan dibawah ini,



Saya akan meng-copy sub folder Yanur ke dalam sub folder Budi….
Ketik : xcopy D: DATA\Yanur D: DATA\Budi
Kemudian Enter, tunggu sampai selesai (proses).



Perhatian : *Apabila anda mengikuti cara ini usahakan sesuaikan dengan nama Derectory, Data/Folder yang ada di computer anda sendiri*
Ingat : Setiap membuka Folder menggunakan MS DOS harus diawali dengan kata cd [nama folder yang akan dibuka], contoh diatas : cd DATA

Hasil Akhir



Perlu diketahui : Apabila Folder yang ingin kita copy mempunyai sub Folder, maka sub Folder tersebut tidak akan ikut tercopy. Yang tercopy hanya File-file diluar sub folder tersebut, yaitu file-file yang terdapat didalam Folder induk yang ingin kita copy saja. Apabila kita ingin meng-copy sub folder tersebut maka lakukan jalan/cara yang sama seperti yang diatas.

SELAMAT MENCOBA, SEMOGA BERHASIL

3 Responses so far.

  1. Gan.. seandainya kita lupa list directory, adakah commamnd yang dapat membantu?

  2. Anonim says:

    Thanks Kan Sudah Membantu.
    Kalau Lupa List Directory Tulis aja "dir" bro

  3. Herendra says:

    Makasih min dah membantu banget

Leave a Reply